May 26, 2008
Kantor atau Sekolah?

Waktu jaman belum lulus kuliah dulu, yang ada di kepala saat terdengar kata kerja, kantor atau perusahaan adalah kegiatan atau tempat mencari uang.

Ternyata, setelah melewati 8 tahun masa bekerja, semua berubah.

Mendengar kata pekerjaan atau kantor, yang terbayang adalah pertanyaan, "Apa ya yang bisa kupelajari?"

Waktu pertama kerja, aku bertitel "Adminstrative Assistant." Keren kan? Padahal sebenarnya, yang aku kerjakan adalah duduk manis di meja reception sambil angkat-angkat telepon, alias menjadi operator. Yah, sesekali membantu beberapa manajer merapikan administrasi, kliping koran, foto kopi, dan lain-lain.

Sebegai lulusan sastra, semua itu tidak pernah kupelajari di kampus--apalagi aku bekerja di perusahaan sekuritas, aku tidak tahu apa-apa tentang itu.. Ternyata, tidak semudah itu menjalani tugas yang buat sebagian lulusan akademi kesekretarisan itu kecil, perlu manajemen waktu juga dan kemampuan multitasking--secara aku harus membantu banyak orang. Dan, aku pun belajar banyak.

Di grup perusahaan yang sama, aku naik pangkat menjadi sekretaris yang memegang beberapa orang selevel direktur. Yang aku pelajari beda lagi dan lebih banyak.

Aku juga pernah menclok sebentar di pusat kebudayaan dan perusahaan apparel. Di dua tempat itu, aku juga sempat belajar berbagai hal.

Tahun keenam masa kerja, aku masuk ke dunia web dan penulisan. Hal yang kusuka. Lagi-lagi, walau aku cinta berat, aku harus belajar banyak, karena penulisan untuk web adalah hal baru untukku--untung bossku sabar dan mau mengajarkan segala hal.

Aku juga sempat kerja di rumah, hal yang kupelajari pun lain lagi.

Selesai bertugas dari masing-masing perusahaan/lembaga/jenis pekerjaan, aku merasa penuh ilmu, seperti anak sekolah yang baru lulus. Dari tidak tahu apa-apa sampai tahu banyak--dan merasa masih perlu belajar lebih banyak.

Sekarang, di tempat kerjaku yang ini, ternyata tidak sedikit juga hal yang kupelajari. Setiap hari selalu ada hal baru. Mungkin karena industri yang satu ini belum pernah kumasuki sebelumnya. A very exciting experience.

Ya, pandanganku tentang pekerjaan sekarang jauh berbeda. Memang gaji itu penting, tapi ada faktor lain yang sama pentingnya, "Apa yang bisa kupelajari di sana?"

Kantor bukan lagi semata tempat mencari uang, tapi juga menjadi tempat menimba ilmu.

*keterangan gambar: itu foto mejaku di kantor lama dari postinganku yang ini*

Labels: ,

 
ditulis oleh Nadiah Alwi - Write at Home Mom pada jam 18:24 | Permalink |


0 Komentar: