Oct 24, 2008
ART oh ART (part 2)
Lanjutan dari part 1.

Seperti sudah aku ceritakan sebelumnya, selama dua tahun ini aku men-training 9 orang. Nah, suka-duka training itulah yang bakal aku omongin di jurnal yang ini.

Suka? Hm...tunggu...kayaknya masih dukanya aja sih.

Dari semua jenis training seperti cara menjaga Hana, cuci-strika, nyapu-ngepel, beresin kamar, bersihin rumah, kendalanya hanya 1. Tapi, yang satu ini justru yang paling penting.

Standar Kebersihan.

Hampir semua yang aku training punya standar kebersihan yang sangat teramat jauh di bawahku. Bukannya aku orang yang resik2 amat dan kudu ngepel sepuluh kali sehari. Nggak. Bahkan aku ngelarang mereka ngepel 2 kali sehari kalo lantai masih kinclong. Ngepelnya juga pake stick, gak ngesot.

Printilan sih sebenernya, tapi penting. Seperti cuci tangan sebelum nyuapin Hana, sendok jatuh dilap pake baju dia trus dipake makan lagi, lap piring dipake bersihin kotoran di lantai, dll.

Aku berusaha maklum. Mungkin di tempat asal mereka, kebersihan gak jadi elemen penting karena gak ada yang mendidik mereka soal itu.

Tapi, coba bayangkan gimana rasanya jika mereka sudah aku didik untuk standar kebersihan satu hal tapi standar kebersihan untuk hal yang lain gak ngikut...

Misalnya gini. Aku ngajarin mereka kalo mo suapin Hana makan kudu cuci tangan dulu. Ini aku kasih tau pas Hana mau makan nasi misalnya. Tapi, pas Hana mau makan roti, dia gak merasa perlu cuci tangan.

Pusing juga kan yaaa???

Akhirnya, aku mencoba berpikir positif dan mengambil hikmahnya. Mungkin Allah lagi mau aku jadi orang yang lebih sabar, sabaaaaaaaaaaaaaaarrrrr banget--which is kayaknya belom nyampe ke situ, jangan2 aku masih harus ganti ART berkali2 lagi (Ya Allah, kumohon...jangan biarkan itu terjadi. Amin).

Mbaknya Hana yang sekarang juga cukup unik, terutama dari standar kebersihannya. Abi sih agak2 give up--secara dia jd wadah curhatanku dia agak2 bisa menilai ART bisa diandalkan ato gak hihihi.

Tapi, aku tetap berusaha optimis. Insya Allah dengan training yang tepat bisa berubah. Amin.

Doakeun yaaa...

 
ditulis oleh Nadiah Alwi - Write at Home Mom pada jam 12:09 | Permalink |


0 Komentar: