Sep 19, 2008
Menulis dalam Kepala
Di acara Creative Writing Workshop di Gramedia Matraman tahun 2004 yang dulu aku ikuti, Mbak Naning Pranoto, sang narasumber, mengajak peserta menulis dalam kepala.

Hm?

Yup. Merangkai kata, kalimat, paragraf, hingga keseluruhan teks dalam benak kita.

Yang satu ini, bagiku, sangat menarik. Karena, ternyata aku sudah melakukannya semenjak kecil. Tanpa kertas, pena, mesin tik ataupun seperangkat komputer, aku sudah sering membuat cerita di kepalaku.

Menurutku, ini latihan menulis yang paling TOP. Tanpa merangkaikannya dalam kumpulan huruf, kita dapat membuat sebuah tulisan. Bahkan, tanpa bantuan penghapus, tip ex, tombol backspace ataupun del, kita dapat langsung mengoreksi 'tulisan' kita.

Latihan ini bukan hanya melatih kita menulis, namun juga dapat membantu kita berpikir secara runut.

Karena sekarang waktu untuk menulis--di luar pekerjaan kantor--semakin sedikit, maka aku lebih sering menulis dalam kepala. Tulisan ini juga sempat aku exercise di kepala.

Hasilnya? Intinya sama, namun penyampaiannya agak berbeda.

Yuk, menulis dalam kepala.

 
ditulis oleh Nadiah Alwi - Write at Home Mom pada jam 18:30 | Permalink |


0 Komentar: