Jun 29, 2008
Kebakaran Deket Rumah
Aku baru bisa tidur jam 12 malem karena buku yang kubaca agi seru2nya. Eh, belom sempet mimpi, ada telepon.

Iiihh! Sebel! Aku mikir itu pasti telp dari adekku (Najib) yang minta dibukain pintu--dia suka gitu tuh, kalo gak kuncinya ketinggalan, eh kita2 lupa nyabut kunci jd dia gak bisa unlock juga. Jam 1 dini hari.

Pas kuangkat, aku langsung kaget!

"Kebakaaraaannn! Kebakaaraaannn! Panggilin Kak Ajib dong! Panggilin Kak Ajib dong!"

Suara adekku, si Ucup!!!

Rasanya mo pengsan. Adekku lagi sendiri di rumah, soalnya Mama-Papa lagi di Padang buat resepsi kawinan sepupu.

Langsung kubangunin si Abi dan nyuruh Abi bawa Hana turun--kamar kami di atas--dan bawa surat2. Trus, aku langsung bangunin si Najib yang tidur di kamar bawah ma temennya yg lagi nginep.

"Jib, kebakaran!!! Ucup telepon gue, teriak2! Cepetan!"

Najib dan temennya itu langsung kabur ke rumah Mama yang letaknya 7 rumah dari rumah Jidah--yang aku tinggalin--which is sebelahan ma rumah Ida-Mbot.

Aku juga bangunin Mbak Kas, mbak yang ada di rumah--Mbaknya Hana lagi nginep di tempat suaminya.

Aku langsung ganti daster yang tangan panjang, pake jilbab, ngeluarin surat2 lainnya. Naik lagi ke atas, karena Abi belom juga turun. Tapi, ternyata Abi dan Hana dah di depan tangga.

Aku langsung ngecir ke rumah Mama-Papa. Dari jauh keliatan api gede banget dari arah belakang Mushalla (depan rumah Mama-Papa ada Mushalla). Listrik di rumah dah mati. Ucup lagi sibuk ngeluarin surat2. Sebagian, langsung aku bawa ke rumah Jidah.

Aku harus ke rumah Jidah lagi buat ngecek Hana. Najib dah ngeluarin mobil dan bawa ke rumah Jidah. Saking paniknya, jendela mobil gak bisa ditutup. Lampu sen nyala terus. Ditinggal ma si Najib. Aku, Mbak Kas dan Hana jadi stuck jagain rumah dan mobil. Si Abi langsung ke TKP.

Listrik rumah kumatiin. Ada tetangga yang rumahnya baru dibangun dan segede2 apaan tau (3,5 tingkat), dibanguninnya susah banget. Akhirnya, aku mimpin koor anak2 dan Ibu2 buat teriak, "Kebakaaraaannnnnnnnn!"

Gak bangun juga. Kami hopeless. Akhirnya, anaknya tetangga (cowok) manjat pagar dan ngetok2 gt. Mereka bangun juga. Bukan apa2, mereka mo disuruh matiin lampu. Apalagi rumah mereka belakang2an ma barisan rumah yang kebakaran.

Tetangga sebelah kananku malah gak bangun, padahal rumah mereka dilewatin mobil pemadam kebakaran. Mo bangunin juga takut useless. Akhirnya, aku jaga2 aja. Kalo ada apa2 baru bangunin.

Jam 2.30 api padam juga. Mulai berita2 yang lebih akurat tersebar. Katanya itu rumah Ibu Grace. Orang2nya lagi di rumah sakit karena ada yang DB. Terus, di rumah itu hanya ada 2 orang perempuan dan 1 bayi. Katanya lagi, bayi itu masih di dalem pas api dah gede tapi berhasil dikeluarin juga akhirnya.

Duh, rasanya lemes. Aku berucap Allahuakbar. Katanya, sebesar apapun api, jika kita tetap istiqomah meyakini bahwa Allahlah Yang Maha Besar, api akan mudah terkalahkan.

Tau gak, beberapa hari yang lalu, aku sempet was2 kalo pergi ke kantor karena kadang, aku harus ninggalin Hana main komputer di kamar atas ditemenin Mbaknya. Takut kalo ada apa2 anakku di atas dan gak tau apa2.

Ya Allah, iyyakana'budu wa iyya kanasta'in. Lindungilah kami semua. Amin.

Foto2 bida dilihat di sini, video di sini, dua2nya punya Mbot, suami Ida, my online and offline neighbor.

 
ditulis oleh Nadiah Alwi - Write at Home Mom pada jam 07:07 | Permalink |


0 Komentar: