Aug 21, 2008
Hana Si Tukang Ngobrol
Suatu Sabtu, saat aku nemenin Hana sekolah, Mama Tiara cerita kalo ternyata Hana dan teman2 perempuannya di kelas A suka ngobrol. Gak di dalam kelas, gak di lapangan saat upacara.

Bahkan, guru2 menandai mereka sebagai murud2 yang suka ngerumpi.

Aku juga sempet perhatiin Hana yang ikut heboh bantuin Ibu Guru ngajak anak-anak masuk kelas. Semua temen2nya dipanggilin sampe dia sendiri masuk paling akhir.

Pernah juga Hana lapor sambil nangis2 bombay kalo dia dipukul pantatnya ma Bu Guru. Waaahhh...langsung emosi jiwa dunk. Tapi, maaf Na, Bunda gak bisa percaya gitu aja, secara Hana ini jago bermain peran.

Setelah dipancing2, ternyata dia cuma ditowel pantatnya ma Bu Guru saat dia nungging karena mau ngajak teman di bangku depan untuk "Sepakat!" (Ket: sepakat itu ngumpulin tangan di tengah, terus dihempaskan sambil teriak, "Sepakat!")

Untung aku bisa menahan diri dan gak langsung telepon Bu Guru atau Yayasan dan ngomel2.

Hm...soal ngobrol2 itu tapinya ya...aku gak terlalu heran sih, secara di rumah Hana memang suka ngoceh. Bener2 talkative. Plus, dia juga agak2 suka ngatur2.

Tapi, kemaren, ada laporan yang bikin aku resah. Mbaknya ditanya Ibu Guru kelas Hana, "Mbak, Hana memang gak bisa diem ya?"

"Iya, Bu. Memang kenapa?" jawab si Mbak polos--tanpa pembelaan sedikit pun untuk anak semata wayangku.

"Di kelas, Hana ngobrol terus. Saya lagi nerangin juga ngobrol."

Waduh. Kok sampe begitu ya? Aku pikir dia ngobrol di saat makan bareng, atau apalah, bukan pas gurunya nerangin.

Selama dua hari ini, aku berpikir keras. Kenapa? Kenapa? Kenapa?

Ada beberapa perkiraan:
  • Hana memang demen ngobrol, and that's how she is, nature yang susah diubah (soalnya sepupuku, gemini juga, kayak si Hana, mamanya (tanteku) juga sampe diprotes guru...hmm...apalagi pas aku hamil Hana, dia pernah ngoceh gak berhenti dan aku keseeeeeeeeeel sekali, aku suruh diem gak mau, akhirnya aku bikin kontes diem, yg plg lama diem menang dan dpt 2 rebu--something that I actually tried with Hana a few days ago...ohhh).
  • Gurunya kurang menarik dalam menjelaskan (maaf ya, Bu), sehingga Hana gak terlalu tertarik. Soalnya, di Dongeng Minggu, Hana selalu dapat duduk tenang, karena dia tertarik. Kalo lagi baca buku juga bisa diem hingga lebih dari 1 jam bahkan.
  • Metode belajarnya kurang pas dengan Hana yang aktif dan gak bisa diem. Seingatku, sewaktu di Celik dulu, gak ada laporan seperti ini. Mungkin karena metode belajarnya bener2 aktif dan gak cuma duduk di kelas jadi Hana gak sempet bosen. Sekarang ini, Hana minta berhenti les melukis di sekolah karena memang cuma duduk dan mewarnai. Sementara dia teteup pingin ikut les menari karena gerak2 terus
  • Terpengaruh teman. Beberapa kali Hana cerita bahwa dia diajak ngobrol sama temannya. Ini perlu dikonfirmasi dengan guru bersangkutan, siapa sebenarnya yang memulai obrolan. Karena, kalau memang Hana, gawat juga nih.
Walau begitu, gak semua negatif sih tentang Hana di sekolah baru ini. Mama Tiara juga pernah cerita kalo dia dan beberapa ortu cukup senang dengan keberadaan Hana yang cukup supel dan sok2 ngatur.

Kalo ada anak yang malu2 atau gak mau masuk kelas, kata Mama Tiara, Hana ikut ngebujukin. Bahkan, Mama Tiara kadang suka menugaskan Hana untuk urusan bujuk-membujuk.

Tapi, di luar itu, aku dan si Abi jadi berpikir keras. Kayaknya Hana memang butuh suasana sekolah yang gak konvensional. Terpikir tentang sekolah alam. Tapi, itu jauh sekali.

Aku jadi teringat Al-Ittihad, sekolah deket rumah juga yang sistem belajarnya pindah2 kelas (duh, apa namanya, lupa...sentralisasi?). Sayang, budget yang kami punya gak cukup. Jadi, Hana batal kami sekolahkan di sana. Padahal, aku cukup jatuh cinta dengan sekolah itu dan metode pengajarannya.

Ada yang punya masalah sama? Atau, punya solusi? Bantuin dunksss...



Makasih yaaa...

 
ditulis oleh Nadiah Alwi - Write at Home Mom pada jam 18:29 | Permalink |


1 Komentar:


  • August 30, 2008 at 6:37 AM, Blogger Bunda Lala

    ehm...*sambil usah2 dagu
    Kalo' Lala malah kebalikan na jeng,
    Lala 1 semester awal di playgroup malah jadi the silent girl, sempet ndak percaya juga... tapi emang itu kenyataan yang harus aku hadapi..*Apaan seeeh..? :D

    Tapi aku sepakat koq sama dikau, kalo' Nad emang perlu aktivitas yang beda, yang bisa narik perhatian dia, jadi bisa tertarik dan akhirnya bisa konsentrasi. Aku setuju ma skola alam, ato skola yang moving class.. jadi anak ndak bosen.

    Sekolahnya lala dulu sistemnya moving class, jadi per area atau sentra, jadi anak juga semangat terus, secara pake acara 'pindahan kelas segala...

    :D
    *banyak yaa koment nya?
    :D