Aug 13, 2008
Sekrup Kecil
Waktu kerja pertama kali dulu, salah seorang atasan (krn aslinya atasanku banyak bener) menyusupkan sebuah kalimat yang hingga kini gak bisa aku lupa.

"Bu, Ibu adalah sebuah sekrup kecil dalam sebuah mesin besar. Tanpa Ibu, perusahaan gak bisa jalan dengan baik loh, Bu."

FYI, beliau memang manggil semua dengan sebutan Ibu, termasuk ke aku, walopun saat itu aku anak baru yg umurnya juga termasuk paling kecil, 22,5 tahun.

Wah, aku si anak baru yang emang kalo diitung2 posisi mah paling bawah sekantor merasa terharu dan berarti karena sudah bisa jadi sekrup kecil buat si mesin besar. Aku jadi semangat kerja.

Padahal, starting point dulu itu cuma jadi administrative assistant alias pembantu semua orang dari segi administrasi (bhs inggrisnya keren gitu ya kesannya...padahal mah...huahahaha). Mulai dari ngangkat telpon alias jadi operator, bantu2 org accounting beresin payment voucher, klippingin koran buat bos yg demeeen bener ngumpulin berita2 yg menurutnya penting, bantuin para sekretaris, bantuin orang settlement kirim2 laporan penjualan saham (aku kerja di perusahaan sekuritas waktu itu), sampe bantuin urusan pribadi beberapa temen kantor.

Ecek2 n gak penting bener yak kesannya? Tapi...aku tetep merasa aku penting di situ. Dan, rasa itu berguna buat naikin semangat kerja. Apalagi 3 bulan pertama, sejujurnya, aku tiap hari nangis di mobil pas dianter Papa--sambil sekalian nganter Mama yang masih kerja. Aku ngerengek mo berhenti karena salah satu atasan bikin aku setres.

Tapi, si Mama & Papa dengan sabar ngebujukin aku terus. Makasih ya, Ma...Pa... ;D

Di samping bujukan maut ortu dan salary yang yah lumayanlah untuk freshgraduate yg belom bisa apa2, kenyataan bahwa aku adalah si sekrup kecil ini membuatku bertahan.

Hal inilah yang selalu terpatri di benakku setiap aku bekerja--baik untuk perusahaan maupun sebagai freelancer. Aku adalah sebuah sekrup kecil yang turut menggerakkan hal2 besar di luar diriku. Sekecil apa pun sekrup itu, kerja mesin gak akan maksimal jika si sekrup tiba2 rusak, patah atau copot. I love being that small tiny screw.

So, makasih ya, Pak Lukman Hakim for your inspiring and motivating words in that very beginning of my career...

*Tiba2 sore tadi lagi inget banget sama kalimat Pak LH ini pas OTW home, sambil jalan kaki menuju perempatan Mampang*

 
ditulis oleh Nadiah Alwi - Write at Home Mom pada jam 18:11 | Permalink |


0 Komentar: